Tugas 4

PEMBIAYAAN SEKTOR MIKRO DAN SEKTOR CORPORATE

  1. Pembiayaan Sektor Mikro

Adalah pembiayaan yang diberikan kepada pengusaha mikro yang melayani kebutuhan permodalan usaha mikro dan usaha kecil yang tidak memenuhi syarat dan akses dengan lembaga keuangan formal.

  1. Pembiayaan Sektor Corporate

Adalah pembiayaan untuk badan usaha yang diberikan oleh badan pembiayaan yang bertujuan untuk memaksimalkan kekayaan pemilik badan usaha dengan menggunakan  seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara pemegang saham, pengurus pengelola perusahaan, karyawan serta para pemegang kepentingan intern dan ekstern lainnya yang bersangkutan dengan hak dan kewajiban mereka.

MANAKAH DARI KEDUA PEMBIAYAAN TERSEBUT YANG LEBIH MENGUNTUNGKAN

Menurut saya yang lebih menguntungkan dari kedua pembiayaan tersebut adalah pembiayaan sector mikro. Karena pembiayaan mikro ditopang oleh faktor sosial kultural yang berintegrasi dengan pertimbangan komersial, menciptakan bangun sistem pembiayaan yang mengakar dan memiliki daya tahan kuat yang tidak selalu ditemukan pada sistem pembiayaan formal. Ini menandakan bahwa sistem pembiayaan mikro dapat diterima dan cocok sebagai alternatif pembiayaan UKMK.

TANTANGAN DARI KEDUA PEMBIAYAAN TERSEBUT

Tantangan pembiayaan mikro

  • Keterbatasan sumber dana jangka panjang.
  • Capacity building sektor UMKM yang merupakan  pra-syarat sering diabaikan.
  • Memiliki cakupan sempit dan hanya berpusar pada layanan dalam skala sangat sempit.

Tantangan pembiayaan corporate

  • Risiko perusahaan dalam memenuhi kewajiban pembayaran bunga dan pokok utang.
  • Pembentukannya membutuhkan biaya yang cukup tinggi.

Terimakasih kepada saudara/i dan blogger yang secara tidak langsung telah membantu dan memberikan sumber informasi guna menyelesaikan tugas ini, dan mohon maaf apabila saya menambahkan pendapat saya sendiri di tugas ini.

Sumber :