PENGERTIAN

Manajeman sumber daya manusia adalah suatu ilmu yang memplajari tentang cara – cara memaksimalkan sumber daya yang ada pada individu secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan dari suatu perusahaan.Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktek manajemen yang mempengaruhi secara langsung sumber daya manusianya.

Macam-Macam Sumber Daya Manusia

v  Manusia sebagai sumber daya fisik

Dengan energi yang tersimpan dalam ototnya, manusia dapat bekerja dalam berbagai bidang, antara lain: bidang perindustrian, transportasi, perkebunan, perikanan, perhutanan, dan peternakan.

v  Manusia sebagai sumber daya mental

Kemampuan berpikir manusia merupakan suatu sumber daya alam yang sangat penting, karena berfikir merupakan landasan utama bagi kebudayaan. Manusia sebagai makhluk hidup berbudaya, mampu mengolah sumber daya alam untuk kepentingan hidupnya dan mampu mengubah keadaan sumber daya alam berkat kemajuan ilmu dan teknologinya. Dengan akal dan budinya, manusia menggunakan sumber daya alam dengan penuh kebijaksanaan. Oleh karena itu, manusia tidak dilihat hanya sebagai sumber energi, tapi yang terutama ialah sebagai sumber daya cipta (sumber daya mental) yang sangat penting bagi perkembangan kebudayaan manusia.

http://arrizalaziz.wordpress.com/2010/12/20/manajemen-sumber-daya-manusia/

Pengembangan Sumber Daya Manusia
Ruang Lingkup PengembanganSDM:
  • 1. Pengembangan Kompetensi
  • 2. Pengembangan Jumlah SDM
  • 3. Pengembangan Organisasi
Pengembangan Kompetensi:
Pelatihan Kompetensi, Project Management, & Mentoring
Pengembangan Jumlah SDM
Dilakukan apabilaorganisasi berkembang atau organisasi membutuhkantenaga kerja untuk melakukan peningkatan kinerja.
Pengembangan Organisasi
Pararel maupun serial,dengan terciptanya unitusaha baru, atauperkembangankemajuan lainnya, makasecara organisasi perludilakukan penyesuaianstruktur organisasi
TAHAPANPENGEMBANGAN
1. Identifikasi
IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PENGEMBAHAN
Menggali proses pengembanganapa yang paling cocok bagiindividu tertentu.Dalam proses ini kita melakukanasesmen mengenai strenghtsdan areas for development daritiap individu
2. Monitoring
Jenis program atau proses pengembangan yang disusun juga tidakmesti harus berupa training di kelas. Ada banyak alternatif programpengembangan lain seperti:
  • Mentoring (karyawan yang dianggap senior dan memiliki keahliankhusus menjadi mentor bagi sejumlah karyawan lainnya)
  • Project/Special Assignment (penugasan khusus untuk menambah jobexposure)
  • Job Enrichment (memperkaya bobot pekerjaan)
3. Evaluasi
EVALUASI :dilakukan melalui sarana Appraisal, yang teknisnya dapatdisesuaikan dengan culture organisasi masing-masing.
http://www.scribd.com/doc/7997948/Pengembangan-Sumber-Daya-Manusia

Perkembangan Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia bagian yang berhubungan dengan keputusan organisasi yang berdampak pada angkatan kerja atau angkatan kerja potensial perusahaan. Organisasi membutuhkan kemampuan manajerial dari sumber daya manusia, dan menerapkan prosedur yang optimal untuk tujuan kepuasan konsumen. Idealnya, manajer sumber daya manusia harus ditempatkan pada posisi manajemen lini dari pada hanya sekadar staf, karena dengan demikian mereka dapat melakukan pengambulan keputusan-keputusan dari pada hanya sebagai penasihat.

Manajemen sumber daya manusia harus membantu manajemen dalam kegiatan mengintegrasi dan mengkoordinasi kepentingan unsur-unsur pokok organisasi, dengan memutuskan untuk mempertinggi posisi persaingan organisasi melalui produktifitas yang lebih tinggi dan kualitas produk dan jasa yang lebih tinggi yang akhirnya akan mempertinggi kepuasan konsumen.

Untuk melaksanakan ketiga hal tersebut, manajemen sumber daya manusia dapat  menggunakan 6 bidang kegiatan, yaitu ;

  • Desain organisasional
  • Staffing
  • Komunikasi dan hubungan masyarakat
  • Kinerja/performance manajemen
  • Sistem reward, benefit dan pemenuhan
  • Pengembangan karyawan dan organisasi
Pemanfaatan Sumber Tenaga Kerja dan Kompensasi

Program kompensasi karyawan dirancang :

  • Menarik karyawan yg cakap ke dalam organisasi
  • Memotivasi karyawan mencapai prestasi unggul
  • Mencapai masa dinas yg panjang sesuai fungsinya, didalam perusahaan ada dua macam tenaga kerja :
  • Tenaga Eksekutif, mengambil keputusan dan melaksanakan fungsi organik manajemen
  • Tenaga Operatif, tenaga terampil, menguasai pekerjaan, sehingga tugas dapat dilaksanakan dengan baik.

Ada tiga tenaga terampil ;

  • tenaga terampil (skilled labor)
  • tenaga setengah terampil (semi skilledlabor)
  • tidak terampil (unskilled labor)
Hubungan Perburuhan

Hubungan Perburuhan Pancasila, agar setiap persoalan antara buruh dan manajemen diselesaikan dengan musyawarah dan mufakat. Bila terjadi ketidak kesepakatan, buruh punya senjata yang dapat digunakan :

  • Boikot
  • Pemogokkan
  • Penghasutan
  • Memperlambat kerja

Buruh dan majikan, majikan dan buruh. begitulah hubungan perburuhan yang ada di Indonesia. Di indonesia hubungan antara majikan dan buruh seringkali tidak seimbang, dikarenakan para buruh di Indonesia seringkali belum mempunyai kekuatan hukum yang kuat. padahal posisi dari kedua belah pihak sama-sama membutuhkan dan juga kedua belah pihak harus saling menghormati.

Mengapa Pekerja Mendirikan Serikat Pekerja

Serikat Pekerja atau karyawan (Labor Union atau Trade Union) adalah organisasi pekerja yang dibentuk untuk mempromosikan atau menyatakan pendapat, melindungi, dan memperbaiki, melalui kegiatan kolektif, kepentingan sosial, ekonomi dan politik anggotanya.

http://rismaeka.wordpress.com/2010/11/16/manajemen-sumber-daya-manusia/

 Terimakasih kepada saudara/i dan blogger yang secara tidak langsung telah membantu dan memberikan sumber informasi guna menyelesaikan tugas ini, dan mohon maaf apabila saya menambahkan pendapat saya sendiri di tugas ini.