BAB II

MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN

 

PERAN DAN TANGGUNG JAWAB MANAJER KEUANGAN

Manajemen keuangan merupakan menajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan. Fungsi-fungsi keuangan tersebut meliputi begaimana memperoleh dana (raising of fund) dan bagaimana menggunakan dana tersebut (allocation of fund). Manajer keuangan berkepentingan dengan penentuan jumlah aktiva yang layak dari investasi pada berbagai aktiva dan memilih sumber-sumber dana untuk membelanjai aktiva tersebut. Untuk memperoleh dana, manajer keuangan bisa memperolehnya dari dalam maupun luar perusahaan. Sumber dari luar perusahaan berasal dari pasar modal, bisa berbentuk hutang atau modal sendiri.

 

Tugas manajer keuangan adalah merencanakan untuk memaksimumkan nilai perusahaan. Kegiatan penting lainnya yang harus dilakukan manajer keuangan menyangkut empat aspek yaitu :

  1. Manajer keuangan harus bekerjasama dengan para manajer lainnya yang bertanggung jawab atas perencanaan umum perusahaan.
  2. Manajer kuangan harus memusatkan perhatian pada berbagai keputusan investasi dan pembiayaan, dan berbagai hal yang berkaitan dengannya
  3. Manajer keuangan harus bekerjasama dengan para manajer di perusahaan agar perusahaan dapat beroperasi seefisien mungkin
  4. Manajer keuangan harus mampu menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, dimana perusahaan dapat memperoleh dana dansuratberharga perusahaan dapat diperdagangkan.

 

Aspek penting lain dari tujuan perusahaan dan tujuan manajemen keuangan adalah pertimbangan terhadap tanggung jawab sosial yang dapat dilihat dari empat segi yaitu :

  1. Jika manajemen keuangan menuju pada memeksimalisasi harga saham, maka diperlukan manajemen yang baik dan efisien sesuai dengan permintaan konsumen.
  2. Perusahaan yang berhasil selalu menempatkan efisiensi dan inovasi sebagai prioritas, sehingga menghasilkan produk baru, penemuan teknologi baru dan perluasan lapangan pekerjaan
  3. Faktor-faktor luar seperti pencemaran lingkungan, jaminan keamanan produk dan keselamatan kerja menjadi lebih penting untuk dipertimbangkan. Fluktuasi disemua tingkat kegiatan bisnis dan perubahan-perubahan yang terjadi pada kondisi pasar keuangan merupakan aspek penting dari lingkungan luar.
  4. Kerjasama antara industri dan pemerintah sangat diperlukan untuk menciptakan peraturan yang mengatur tentang perilaku perusahaan, dan sebaliknya perusahaan mematuhi peraturan tersebut. Tujuan perusahaan pada dasarnya adalah memeksimumkan nilai perusahaan dengan pertimbangan teknis.

 

Pada dasarnya tujuan manajemen keuangan adalah memaksimumkan nilai perusahaan. Tujuan manajemen keuangan dinyatakan dalam bentuk maksimalisasi nilai saham kepemilikan perusahaan, atau memaksimalisasikan harga saham. Tujuan memaksimumkan harga saham tidak berarti bahwa para manajer harus berupaya mencari kenaikan nilai saham dengan mengorbankan para pemegang obligasi.

 

http://kumpulan-artikel-ekonomi.blogspot.com/2009/07/peran-manajemen-keuangan.html

 

PERENCANAAN KEUANGAN

Perencanaan keuangan adalah proses dari;

  • Menganalisis pendanaan dan pilihan investasi yang terbuka bagi perusahaan.
  • Memproyeksikan konsekuensi masa yang akan datang akibat keputusan saat ini, guna menghidari hal-hal yang tidak terduga dan hubungan antara keputusan saat ini dan masa yang akan datang.
  • Menentukan alternatif mana yang akan dipilih
  • Mengukur hasil selanjutnya terhadap tujuan dalam rencana keuangan.

 

Syarat untuk perencanaa yang efektif :

  • Peramalan
  • Menemukan rencana yang optimal
  • Melihat rencana keuangan yang berjalan.

 

Model Perencanaan keuangan

(Richard A. Brealey, Stewart C. Myers, Principal of Corporate Finance, 710)

1)      Income Statement Equations

1. REV = forecast by model user

2. CGS = a1 REV

3. INT = a2 D (a2= interest rate)

4. TAX = a3 (REV – CGS – INT) (a3 = tax rate)

5. NET = REV – CGS – INT – TAX

(Accounting identity)

 

2)      SOURCES AND USES STATEMENT EQUATIONS

1. DEP = a4 FA

2. ΔD = ΔNWC + INV + DIV – NET – DEP – SI (accounting indentity)

3. SI = value specified by model user

4. ΔNWC = NWC – NWC(-1) (accounting indentity)

5. INV = DEP + FA – FA(-1) (accounting indentity)

6. DIV = a5 (NET) (a5 = dividend payout ratio)

 

3)      BALANCE SHEET EQUATIONS

1. NWC = a6 REV

2. FA = a7 REV

3. D = ΔD + D(-1) (accounting identity)

4. E = E(-1) + NET – DIV + SI (accounting indentity)

Keterangan

REV = Revenue

CGS = Cost of Googs Sold

INT = Interest

D = Debt

NET = Net Income

DEP = Depresiasi

FA = Fixed Assets

NWC = Net Working Capital

INV = Investment

DIV = Dividends

SI = Stock issue

(-1) = tahun sebelumnya

 

Terimakasih kepada saudara/i dan blogger yang secara tidak langsung telah membantu dan memberikan sumber informasi guna menyelesaikan tugas ini, dan mohon maaf apabila saya menambahkan pendapat saya sendiri di tugas ini.